Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Melancarkan ASI

8 Cara Melancarkan ASI


Para ibu menyusui kadang dihadapkan pada kendala kurang lancarnya ASI yang keluar. Tak jarang, hal itu membuat stres. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bantu melancarkan ASI.

Begitu banyak manfaat yang didapat bayi dengan mengonsumsi ASI. Tak heran, pekan ASI se-dunia atau World Breast Feeding Week selalu diperingati pada 1-7 Agustus setiap tahunnya. Para ahli sepakat merekomendasikan para ibu agar memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama, dan dilanjutkan enam bulan berikutnya, dengan mulai memberi makanan pendamping ASI seperti buah, sayur, protein, dan biji-bijian sesuai anjuran pemberian. Berbagai kandungan pada ASI disebut bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Dikutip dari Web MD, ASI mengandung nutrisi ideal untuk bayi karena memiliki campuran vitamin, protein, dan lemak yang hampir sempurna. Selain itu, ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri, serta menurunkan risiko bayi terkena asma atau alergi.

Menyusui juga dapat mendekatkan ikatan antara ibu dan anak dengan adanya sentuhan kulit dan kontak mata saat menyusui. Tidak hanya untuk bayi, memberikan ASI juga bermanfaat untuk ibu menyusui karena dapat melepaskan hormon oksitosin yang membantu rahim kembali ke ukuran sebelum hamil, menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker payudara dan ovarium, osteoporosis, serta membakar kalori.

Namun, ada beberapa ibu yang ASI-nya kurang lancar. Seperti ditulis Mayo Clinic, ASI yang tidak lancar bisa disebabkan beberapa hal di antaranya, terlalu lama menunda untuk menyusui, tidak cukup sering menyusui, penggunaan obat-obatan tertentu, bayi lahir prematur, tekanan darah tinggi yang disebabkan kehamilan, dan memiliki riwayat operasi payudara kadang turut berpengaruh.

Karenanya, jika tidak ada kondisi medis yang mengkhawatirkan pada ibu atau dapat membahayakan bayi, sangat dianjurkan setiap ibu memberikan ASI. Jika ASI tidak lancar, jangan langsung panik atau merasa produksi ASI sedikit. Apalagi pasca melahirkan, butuh waktu untuk tubuh memproduksi ASI. Penting pula untuk tenang dan menjaga diri tetap dalam kondisi baik selama masa menyusui agar terhindar dari stres.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan produksi ASI:
  1. Menyusui sesegera mungkin usai melahirkan dan lanjutkan dengan sering menyusui pada beberapa minggu pertama, menyusui 8-12 kali sehari, setiap 2-3 jam.
  2. Pastikan bayi diposisikan dengan baik saat disusui dan bergantian menyusui dengan dua payudara.
  3. Jangan melewatkan jika waktu menyusui tiba. Pompa payudara setiap waktu menyusui yang terlewati, agar persediaan ASI terjaga. 
  4. Minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah dan sayuran.
  5. Memijat payudara dapat membantu meningkatkan volume dan kandungan lemak ASI Anda. Caranya, pijat payudara di dekat dada, lalu ke arah puting susu, ulangi pada area lain payudara. 
  6. Untuk meningkatkan kualitas ASI, konsumsi HDI Origins™ Pollenergy 520, yang mengandung protein, asam amino esensial, multivitamin, mineral dan enzim.
  7. Konsumsi HDI Origins™ Royale Jelly Liquid untuk memperbaiki fungsi metabolisme tubuh, termasuk mempersiapkan keseimbangan hormon oksitosin dalam memproduksi ASI.
  8. Agar tetap berenergi dan stamina terjaga selama menyusui, ‘'Busui' dapat mengonsumsi HDI Naturals™ Clover Honey yang dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah.
Produk-produk perlebahan HDI yang alami dan ilmiah telah teruji klinis, serta memiliki sertifikat kesehatan dari berbagai instansi terkait, sehingga aman dikonsumsi untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga

Posting Komentar untuk "8 Cara Melancarkan ASI"