Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Insomnia


Menjengkelkan bukan ketika malam hari mata tidak dapat terpejam padahal di pagi harinya banyak kegiatan yang harus anda lakukan. Jika menelisik masalah insomnia ini bukan merupakan sebuah penyakit tetapi merupakan gejala atau kelainan dalam tidur yang merupakan permasalahan psikologis. Dan untuk menanganinya banyak hal yang dapat anda lakukan misalnya adalah dengan melakukan terapi psikologis atau bantuan tindakan medis.

Insomnia bisa menyerang siapa saja bukan saja usia muda, tetapi usia lanjut atau orang tua pun terkandang bisa mengalaminya. Gangguan sulit tidur ini sering terjadi pada saat bersamaan dengan gangguan emosional seperti adanya rasa cemas, kegelisahan dan ketakutan berlebihan yang anda alami hingga terbawa ketika hendak tidur.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab insomnia, diantaranya adalah stes yang berlebihan, kelainan emosional, kelainan fisik, pemakaian obat-obatan, sering terjaga dimalam hari karena pekerjaan, berubah-rubah jam kerja, ataupun kerusakan otak dikarenakan stroke. Dan jika gangguan tidur tersebut tidak segera ditangani para penderita insomnia akut ini beresiko terkena penyakit lain yang berbahaya bahkan hingga mengakibatkan kematian.

Tentunya anda tidak ingin terkena dampak negatif tersebut. Untuk itu bila anda menderita insomnia sebaiknya segara ditangani, karena pada dasarnya pengobatan insomnia dapat ditangani dengan mudah, tergantung pada penyebab dan seberapa berat insomnia yang dialami. Untuk dewasa atau yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, dikarenakan perubahan tersebut adalah normal.

Lalu bagaimana trik untuk dapat cepat tidur bagi anda yang mengalami insomnia? anda hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan sebaiknya menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur misalnya cahaya lampu yang redup dan tidak berisik. Karena pada umumnya suasana tempat atau lingkungan dimana kita hendak tidur akan mempengaruhi sesorang untuk bisa tidur.

Namun jika yang menyebabkan insomnia adalah stres emosional, maka berikanlah obat untuk mengurangi stres, bisa juga dengan melakukan refreshing di akhir pekan dengan mengunjungi tempat-tempat favorit. Sedangkan bila disebabkan oleh depresi maka berikanlah obat anti depresi. Dan jika gangguan tidur berhubungan dengan aktifitas normal maka penderita merasa sehat bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Tetapi penggunaan obat-obatan tersebut harus dengan resep dokter, karena jika tanpa petunjuk ahli dapat berakibat fatal.

Alternatif lain yang dapat anda lakukan untuk mengobati insomnia adalah terapi hipnosis atau hipnoterapi. Pada pengobatan ini anda oleh ahli hipnosis akan di ajak masuk ke dalam bawah sadar untuk merasa nyaman. Dan dari rasa nyaman tersebut maka anda akan mudah terlelap.

Jika hendak menggunakan cara tradisional anda bisa menggunakan daun asam untuk mengusir insomnia. Pada buku atlas tanaman Obat Indonesia disebutkan, daun asam jawa mengandung sitexin, isovilexin, orientin, isoorientin, I-malic acid yang ampuh mengusir insomnia. Cara menggunakan daun asam ini cukup unik,anda isi sarung bantal yang biasa dipakai untuk tidur dengan daun pohon asam yang sebelumnya telah dijemur hingga kering sebagai pengganti kapuk atau busa.

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk melawan insomnia baik melalui HDI Royal Jelly maupun dengan cara tradisional. Untuk itu yuk mulai dari sekarang jika anda  mengalami gangguan tidur segera berikan tindakan. Karena dengan melakukan tindakan sedini mungkin maka dampak buruk dari insomnia dapat dihindari.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Insomnia "