Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jerawat... Oh No...

Jerawat... Oh No...

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang pernah dialami hampir setiap orang. Tak jarang, timbulnya jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, apalagi jika sampai menimbulkan bekas luka.

Kulit wajah yang sehat dan bersih tentu jadi dambaan setiap orang. Namun, ada kalanya jerawat menghampiri. Dilansir dari Mayo Clinic, jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati, yang kemudian menyebabkan komedo atau jerawat.

Biasanya, jerawat muncul di wajah, dahi, dada, punggung bagian atas, dan bahu karena area kulit ini memiliki banyak kelenjar minyak. Kelebihan produksi minyak, folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, serta bakteri tumbuh di pori yang tersumbat minyak, menjadi beberapa faktor utama penyebab jerawat.

Faktor lainnya dipengaruhi usia yang umumnya terjadi pada remaja, namun tak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalami. Ada pula karena perubahan hormon yang biasanya terjadi pada remaja, wanita, dan orang yang menggunakan obat-obatan dengan kandungan tertentu seperti kortikosteroid dan litium.

Selain itu karena faktor genetik, ditambah gesekan kulit dengan benda seperti ponsel, helm, atau kerah baju yang ketat bisa memicu jerawat, serta stres, dapat memperparah kondisi jerawat. Gejala jerawat tergantung keparahan kondisi kulit.

Umumnya, akan muncul benjolan kemerahan atau kuning karena mengandung nanah. Ada juga benjolan kecil di atas kulit. Selanjutnya, kulit terasa panas atau terbakar karena adanya peradangan, dan terasa gatal di benjolan. Jika jerawat meradang, kondisi kulit dapat diperparah sehingga muncul:


  • Papula, benjolan kecil, merah, disertai nyeri. 
  • Pustula, benjolan kecil berwarna merah berisi nanah di bagian ujungnya. 
  • Nodula, benjolan padat di bawah permukaan kulit dan dapat disertai nyeri. 
  • Kista, benjolan besar di bawah permukaan kulit, mengandung nanah dan dapat terasa nyeri.

Cegah jerawat dengan cara-cara berikut ini: 
  • Membersihkan kulit secara menyeluruh setiap hari dengan sabun lembut dan setelah berolahraga. 
  • Keramas secara teratur agar minyak dan kotoran pada rambut tidak menempel bila menyentuh wajah yang dapat memicu timbulnya jerawat. 
  • Menggunakan makeup dengan label noncomedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. 
  • Tidak menyentuh wajah. 
  • Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih bebas minyak. 
  • Hindari mengenakan pakaian ketat karena dapat menutup pori-pori kulit dan bisa menyebabkan munculnya jerawat. 
  • Konsumsi makanan sehat bergizi. 
  • Kurangi stres. 

Jika jerawat mulai muncul di wajah atau tubuh bagian lainnya, gunakanlah BSKIN Anti-Acne 3C Spot Treatment pada pagi dan malam hari di area jerawat. Kandungan bahan aktif alaminya, dapat membersihkan komedo, menenangkan kulit yang teriritasi, dan merawat area yang terinfeksi. Type of Acne
HOW BSKIN HELPS? 
BSKIN Anti-Acne 3C Spot Treatment bebas bahan kimia berbahaya, teruji secara klinis, serta aman digunakan untuk semua jenis kulit. Produk ini juga terbukti efektif mengatasi dan membersihkan berbagai jenis jerawat tanpa meninggalkan bekas 

Posting Komentar untuk "Jerawat... Oh No..."